Pandeglang

kandang-penggemukan-ii (1)Kampung Domba:
Berjarak kira-kira 25 km kearah barat dari kota serang, maka kita akan sampai ke kabupaten pandeglang, yang mempunyai banyak tujuan wisata, salah satunya adalah Kampung Domba Etawa, letaknya di Juhut, Kampung Cinyurup, kira-kira 3 km dari jalanan utama, serang pandeglang, ke arah kaki gunung karang.
Di Desa tersebut ada kawasan pengembangan domba etawa, barbados, domba garut, domba sumatra dan domba lokal, ada sekitar 200 ekor domba yang sedang dikembangkan.
Di Lereng Gunung Karang tersebut banyak terdapat kandang-kandang domba dan juga tanaman rumput gajah yang sengaja ditanam untuk menunjang pakan ternak.
Viewnya sangat luar biasa bagusnya, jika kita memandang kebawah maka akan terlihat landscape kota pandeglang secara keseluruhan, jika kita mau menginap, maka ada banyak rumah penduduk yang bisa digunakan, kata pak eman salah seorang pengurus koperasi yang menjual olahan makanan khas daerah tersebut, di warung miliknya dia menjual olahan talas beneng, susu domba, emping, madu dan lain-lain.
Jalan menuju ke kampung domba dari arah juhut dipenuhi dengan tanjakan-tanjakan ekstrik, sedikit uji nyali, kalau anda mau kesana silahkan menghubungi penyuluh pertanian dengan pak dudi atau pak utin, merekalah yang bertanggung jawab dalam pengelolaan kawasan pengembangan ternak domba disana.
Daerah ini pun sangat bagus untuk wisata pendidikan (agro), camping, atau untuk kegiatan one day tracking, sinyal hp juga bagus dan disediakan fasilitas wifi gratis bagi setiap pengunjung.
Seperti layaknya di pegunungan pada umumnya suhunya sangat sejuk dan airnya sangat jernih, mengalir langsung dari sumber mata air pegunungan ke rumah-rumah penduduk
Bagi yang tertarik untuk berkunjung kesana, silahkan menghubungi reservasi kami.

Located approximately 25 km to the west of the town of serang, then we will get to the Pandeglang district, which has many tourist destinations, one of which is the village of Lamb Etawa, located in juhut, Kampung Cinyurup, approximately 3 km from the main street, serang Pandeglang, towards the foot of the Gunung Karang.
In the village there are regional development etawa sheep, Barbados, arrowroot sheep, lambs and sheep Sumatran /locally, there are about 200 sheep were being developed.
On the slopes of the reef there are a lot of sheep pens and also plant grass planted to support fodder.
The View is very good, if we look down it will look Pandeglang city landscape as a whole, if we want to stay, then there are a lot of houses that can be used, Pak Utin one of the administrators cooperatives that sell processed foods typical of the area, in stalls he sells “talas beneng” processed taro, sheep’s milk, crackers, honey and others.
The road leading to the village sheep of direction juhut-kampung domba incline filled with extremely good, a little test of guts, if you want to go there please contact agricultural extension with Pak dudi  or pak Utin, they are responsible in managing the development of sheep there.
The area is also very nice for educational tourism (agro), camping, or for a one-day activity tracking, signal hp is also nice and provided free wifi facilities for every visitor.
Like in the mountains in general is very cool temperature and the water is very clear, flowing directly from the mountain springs to people’s homes
For those who are interested to visit there, please contact our reservation.

 

cisolong kolam cisolongAir Panas Alam-Cisolong

Provinsi Banten begitu kaya dengan daerah tujuan wisata, wisata dalam kota, wisata pantai, wisata belanja, ataupun wisata alamnya.

Dari sekian banyak wisata alam yang ada, terdapat satu objek wisata alam di Kabupaten Pandeglang, yaitu Wisata Pemandian Air Panas Cisolong. Lokasi obyek wisata ini mudah dicapai dengan kendaraan roda dua atau pun roda empat, dari arah Serang melewati Kota Pandeglang, kira-kira memakan waktu 1 jam, melalui jalur Selatan (jalan AMD, dari pertigaan cigadung belok kiri, dan ini juga merupakan jalur bus dari jakarta), Bisa juga melalui jalur pusat kota pandeglang kira-kira 4 km ke arah barat, Jangan kwatir dengan keamanan kendaraan anda karena objek ini memiliki tempat parkir yang amat luas.

Lokasi Pemandian ini terletak di kampung Cisolong, Desa Sukamanah, Kecamatan Kadu Hejo, Pandeglang – Banten

Menurut penuturan Pak Cecep Pengelola Objek Wisata ini, bahwa Sumber air panas cisolong mengalir dari Gunung Karang, jumlah sumbernya terdiri dari 30 buah sumber, sementara yang besar berjumlah 7 sumber, sisanya kecil-kecil dan terletak tidak beraturan di sawah-sawah penduduk.

Sumber air panas yang dikelola oleh Pemda Pandeglang dan dimanfaatkan oleh masyarakat hanya beberapa sumber saja, salah satunya adalah sumber air panas yang dikelola olehnya, air panas ini mengalir deras dengan volume 35 liter per detik, suhunya 65-70 derajat celsius jika cuaca cerah, dan jika cuaca hujan suhunya meningkat sampai 80 derajat celsius.

Keistimewaan sumber air panas cisolong, ternyata kandungan belerangnya tidak terlalu pekat, sehingga jika kita mendekat ke sumber tersebut meskipun sangat dekat, tapi tidak tercium bau belerang yang menyengat, jadi seakan-akan kita berdiri di dekat air yang sedang direbus oleh alam.

Ada dua lokasi pemandian di areal sumber air panas ini, satunya dikelola oleh pemda pandeglang dengan tiket masuk hanya Rp. 5.000,- dan di dalamnya disediakan kolam besar untuk dewasa dan kolam kecil untuk anak-anak, sementara untuk pengunjung yang akan melakukan terapi disediakan 5 kamar pemandian dengan bathtub di dalamnya.

Satu lagi tempat yang bisa dikunjungi adalah kolam air panas milik perorangan, terletak di sebelah bawah kolam milik Pemda Pandeglang, fasilitas yang bisa anda temui selain kolam untuk dewasa dan untuk anak-anak anda juga bisa memesan makanan dari restaurant kecil disekitarnya, dan jika anda suka tantangan ada fasilitas firefox juga, tiket masuknya hanya Rp. 10.000,

Air panas Cisolong berkhasiat untuk menyembuhkan reumatik, gangguan syaraf, tulang dan berbagai penyakit kulit. Namun yang pasti, kandungan belerang pada air panas dapat dimanfaatkan untuk perawatan kesehatan. Air panas cisolong juga mengandung kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, hypertherma dengan kadar alumunium yang cukup tinggi.

Pemandian Air Panas ini banyak dikunjungi wisatawan khususnya ketika hari libur dan cuaca mendung, atau akan terlihat ramai pada jam 5 sore sampai malam, karena berendam di dalam air panas dengan kondisi cuaca dingin memberikan kenikmatan tersendiri.

Asiknya berendam dalam kolam air panas sambil bercanda riang dengan keluarga pastinya menjadi kenangan tersendiri, oleh karenanya ayo kunjungi tempat wisata yang keren ini, tidak kalah lho dengan pemandian air panas ciater di Bandung.

Pembangunan mulai dilakukan oleh Pemda Pandeglang, salah satunya menurut penuturan Pak Cecep akses Jalan ke tempat wisata tersebut mulai akan dibangun Bulan Oktober depan, karena memang sekarang akses jalan tidak semulus jalan-jalan di dalam kota.

Semoga objek wisata ini menjadi primadona baru untuk Banten yang kita cintai.